Minggu, 05 September 2010

Arti SOS



Anda2 smua penasaran gak apa sih artinya SOS..??
Kenapa kok huruf ini suka dipake kalo misalnya minta pertolongan??
Berikut penjelasannya gan.. Simak ya..







Sebenarnya itu disebut "backronyms", seperti dijelaskan di bawah, dan baru mulai populer setelah SOS mulai digunakan secara umum.
Pada kenyataannya, dan sebagai tujuan awal ketika SOS baru mulai diperkenalkan pada tahun 1908, huruf ini tidak memiliki arti.

SOS adalah kode Morse "sinyal prosedural" atau "prosign".
Karena sinyal SOS adalah 'prosign', maka masing-masing huruf tidak memiliki arti per huruf. Dalam hal sederhana, SOS adalah 'SINYAL' yg menunjukkan adanya bahaya dan membutuhkan bantuan, tetapi bukanlah akronim atau singkatan.

Setelah SOS pertama kali digunakan oleh kapal uap Arapahoe tahun 1909 (bukan Titanic pada tahun 1912 seperti yg banyak orang yakini), orang mulai menggunakan makna mereka sendiri-sendiri untuk SOS.
Yang paling populer: "Save Our Ship" dan "Save Our Souls." Inilah yg disebut dengan "bacronyms".

SOS dipilih karena tiga titik, tiga strip, tiga titik (kayak gambar yg paling atas) yang mudah untuk dikirim dan tidak membingungkan dibanding huruf lainnya oleh sang pengirim atau sang penerima.
Dengan munculnya radio di kapal yang dimulai pada tahun 1920-an, 'Mayday' hadir (sampai sekarang), sebagai International Distress Signal (Sinyal Bahaya Internasional). Menggeser penggunaan SOS.
Biar bagaimanapun SOS tetap pernah berfungsi sebagaimana mestinya, walaupun hanya untuk sementara waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar